Rabu, 21 Desember 2016

Om Telolet om……Udara Menta Duit Udara…….


Mungkin pada anak tahun 90-an pernah merasakan fenomena rasa menyenangkan yang aneh. Apalagi seperti aku yang berada jauh dari kota. Ketika ada suara pesawat terbang lewat, terdengar dari dalam rumah. Aku pasti akan berlari menuju luar rumah, sambil menghadap ke langit dan berteriak sekencang mungkin “udara menta duit udara”. Dengan harapan siapa tahu pesawat terbang baik hati itu menjatuhkan setumpuk uang. Walaupun mukjizat kejatuhan uang dari pesawat terbang belum aku rasakan sama sekali. Tapi buatku bisa mendengar dan melihat pesawat terbang lewat saja merupakan kebahagian tersendiri.  

Sekarang fenomena semacam itu terjadi kembali. Ketika ada orang-orang rela pergi ke pinggir jalan raya dan menunggu bis lewat untuk sekedar mendengar suara klaksonnya saja. Apabila bis sudah mulai mendekat, mereka sudah bersiap untuk berteriak “om telolet om” sambil mengacungkan jari jempolnya ke arah muka bis. Dan tidak jarang mereka jogged-joged girang ketika klakson bis itu dibunyikan. Mereka melakukan itu hanya untuk kepuasanya sendiri dan tidak mengharapkan imbalan apa pun. Hanya mendengar suara klakson bis saja, mungkin buat mereka terasa mendapatkan kebahagian tersendiri. Dan fenomena ini menjadi viral di media social dan menimbulkan efek  kesenangan tersendiri.


Mencari kesenangan buat orang yang jauh dari kota, tidak serumit apa yang di pikirkan orang-orang kota. Dengan melakukan hal-hal yang sepele atau kadang aneh buat orang kota. Nyatanya kami akan merasa bahagia dan selalu tertawa lepas. Kebahagian itu bukan sekedar harta benda atau popularitas, melainkan selalu melakukan hal-hal kecil dalam kebersamaan tanpa adanya saling curiga satu sama lain. Karena kebagian itu “udara menta duit udara” dan “om telolet om”.

1 komentar:

  1. Waktu kecil aku sempat ngalamin minta duit sama pesawat, ahahaha. Tapi anak-anak sekarang juga masih, sih :p Om telolet om awalnya lucu, tapi sekarang gone too far, IMHO :/

    BalasHapus